22:31 Unknown 0 Comments

TUGAS 3
"KRITIK ARSITEKTUR KAMPUNG CHINA CIBUBUR"

Eghi darmawan
22312386

Metode Kritik Normatif

     Dalam kritik normatif ini, kritikus mempunyai pemahaman yang diyakini dan kemudian menjadikan norma sebagai tolak ukur, karena kritik normatif merupakan salah satu cara mengkritisi berdasarkan prinsip tertentu yang diyakini menjadi suatu pola atau standar, dengan input dan output berupa penilaian kualitatif maupun kuantitatif.
     Hakikat kritik normatif adalah adanya keyakinan (conviction) bahwa di lingkungan dunia manapun, bangunan dan wilayah perkotaan selalu dibangun melalui suatu model, pola, standard atau sandaran sebagai sebuah prinsip.

  • Melalui suatu prinsip, keberhasilan kualitas lingkungan buatan dapat dinilai
  • Suatu norma tidak saja berupa standard fisik yang dapat dikuantifikasi tetapi juga non fisik yang kualitatif.
  • Norma juga berupa sesuatu yang tidak konkrit dan bersifat umum dan hampir tidak ada kaitannya dengan bangunan sebagai sebuah benda konstruksi. 

KAMPUNG CINA DI CIBUBUR

     Konsep dasar kampung Cina memang tidak jauh mengambil dari China Town yang ada di hampir seluruh belahan dunia ini. Replika sederhananya ada di sini, kampung cina bisa di bilang tempat belanja yang menarik karena bangunan semua kios di kawasn ini menggunakan arsitektur cina, dimana yang terlihat di kampung cina bangunannya lebih dominan berwarna merah yang identik dengan kebudayaan cina, dalam budaya cina warna merah melambangkan antusiasme, semangat dan keberuntungan. Pernikahan tradisional Cina dianggap menguntungkan untuk pengantin perempuan. Sedangkan pengantin pria melambangkan mengantisipasi kebahagiaan.

     Pada pintu masuk terdapat gerbang yang mirip dengan pintu masuk sebuah kota yang ada di Cina, yaitu kota terlarang, gerbang ini berbentuk setengah lingkaran dan dalam budaya cina setengan lingkaran merupakan lambang kemakmuran.

     Suasana kampung Cina kota wisata Cibubur berpenganruh terhadap segala barang atau pernak-pernik yang di jual, yaitu barang yang menggambarkan budaya Cina, yang paling banyak dijual adalah Cheongsam (baju merah dengan kerah dan kancing khas orang Cina), paying, tas, dompet dengan bordiran khas Cina, dan patung untuk pajangan, pada tiap toko bangunannya bercirikhas budaya Cina serta terdapat patung singa yang merupakan hiasan khas cina, biasanya patung singa selalu dibuat sepasang, jantan dan betina. Singa jantan ada di sebelah kiri dan singa betina ada di sebelah kanan

lalu terdapat patung naga yang merupakan makhluk legenda dalam mitos dan budaya rakyat Cina.


     Pada gerbang utama atau pintu masuk pada kampung Cina menggunakan filosofi Yin Yang yaitu berbentuk setengah lingkaran. Simbolisasinya merupakan roda lingkaran anasir Yin dan Yang, dimana masing-masing anasir menguasai setengah bidang lingkaran yang melambangkan hukum keseimbangan, juga roda siklus kehidupan yang berputar aktif dan tidak statis.

Gerbang Utama Kampung Cina
     Didalam Kampung Cina terdapat Gerbang yang berada ditengah yang mengarah ke ruko peralatan Cina. Gerbang tengah tersebut juga menggunakan filosofi Yin Yang. Dan juga gerbang-gerbang yang mengarah ke danau, gerbang penghubung lainnya, dan sebagainya.

Gerbang Penghubung
     Contoh Yin-Yang: Utara-Selatan, Laki-Perempuan, Air-Api, Siang-Malam. Aplikasi Yin-Yang dalam ilmu arsitekturCina adalah pada pengguanaan sumbu-sumbu berlawanan pada tiap bangunan Cinaseperti Utara Selatan, Timur Barat. Memiliki paduan warna yang menarik serta sangat menganut filosofi china


     Terdapat beberapa ruko yang di sediakan tetapi sangat disayangkat banyaknya ruko yang tidak di pakai dan juga sedikitnya pekerja kebersihan membuat tempat menjadi sedikit kotor dan tidak terawat

     Warna pada arsitektur Kampung Cina mempunyai makna simbolik. Warnatertentu pada umumnya diberikan pada elemen yang spesifik pada bangunan. Meskipun banyak warna-warna yang digunakan pada bangunan, tapi warna merah dan kuning keemasan paling banyak dipakai dalam arsitektur Kampung Cina. Warna merah banyak dipakai di dekorasi interior, dan umumnya dipakai untuk warna pilar. Merah menyimbolkan warna api dan darah, yang dihubungkan dengan kemakmuran dan keberuntungan. Merah juga simbol kebajikan, kebenaran dan ketulusan. Warna merah juga dihubungkan dengan arah, yaitu arah Selatan, serta sesuatu yang positif. Itulah sebabnya warna merah sering dipakai dalam arsitektur Tionghoa.



     Meski demikian, kampong cina merupakan tempat yg menarik karna dengan arsitekturnya yang menyerupai kampong di cina, dan dapat dijadikan sebaga tempat menarik karna banya menjual barang-barang khas cina, selain itu terdapat danau dan menara china yg dapat dijadikan tempat foto yang menarik

0 comments: